KISI-KISI UJIAN TULIS BAHASA JAWA
Jenjang Pendidikan Program Mata Pelajaran Tahun Pelajaran |
: : : : |
SD - Bahasa Jawa 2021/2022 |
Kurikulum Jumlah Soal Bentuk Soal |
: : : |
K-2013 45 30 butir PG (5,10,15,20,25,30 PG
Komplek) 5 butir Isian 5 butir menjodohkan 5 butir Uraian |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
KLS |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
1
|
Mengenal, memahami,
mengidentifikasi teks puisi modern dalam bentuk lisan dan tulis
|
IV |
Geguritan |
Disajikan satu bait geguritan,
siswa dapat menentukan isi geguritan yang tersedia. |
2 |
PG |
1 |
IV |
Geguritan |
Disajikan geguritan siswa dapat
menentukan arti kata pada geguritan tersebut |
1 |
PG |
2 |
||
2 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks dialog, teks cerita, dan teks drama dengan tata krama |
IV |
Dialog |
Disajikan teks dialog rumpang,
siswa dapat menentukan ‘basa krama’ yang tepat untuk melengkapi dialog
rumpang tersebut. |
2 |
PG |
3 |
3
|
Mengenal dan memahami unsur
intrinsik teks cerita rakyat secara lisan dan tulis
|
IV |
Cerita rakyat |
Disajikan teks penggalan cerita
rakyat, siswa dapat menentukan latar cerita yang terkandung dalam bacaan. |
1 |
PG |
4 |
IV |
Cerita Rakyat |
Disajikan teks penggalan cerita
rakyat, siswa dapat menentukan tokoh utama dari cerita tersebut. |
4 |
PG KOMPLEK |
5 |
||
4 |
Mengenal, memahami, dan mengidentifikasi
jenis karangan narasi dan deskripsi |
IV |
Karangan narasi dan deskripsi |
Disajikan satu paragraf, siswa
dapat menentukan jenis karangan pada paragraf tersebut. |
2 |
PG |
6 |
5 |
Mengenal dan memahami teks tembang
dolanan/lagu en maenan |
IV |
Tembang dolanan |
Disajikan tembang dolanan, siswa
dapat menentukan isi tembang dolanan yang tersedia. |
2 |
PG |
7 |
6 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi |
V |
Teks narasi/diskripsi |
Disajikan satu paragraf, siswa
dapat menentukan jenis karangan pada paragraf tersebut. |
2 |
PG |
8 |
7 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks tentang peristiwa faktual secara lisan dan tulis |
V |
Teks tentang peristiwa faktual |
Disajikan penggalan berita aktual,
siswa dapat menentukan isi berita tersebut. |
1 |
PG |
9 |
8
|
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi berbagai ragam gaya bahasa (basa rinengga) dalam konteks
komunikatif
|
V |
Tembung camboran tugel |
Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat menentukan tembung camboran tugel pada kalimat tersebut. |
4 |
PG KOMPLEK |
10 |
V |
Tembung saroja |
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat menentukan tembung saroja pada kalimat tersebut. |
1 |
PG |
11 |
||
V |
Tembung entar |
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat menentukan tembung entar pada kalimat tersebut. |
1 |
PG |
12 |
||
9 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi tembang macapat sesuai dengan kaidah
|
V |
Tembang macapat |
Disajikan sebuah tembang macapat,
siswa dapat menentukan nama/jenis tembang macapat. |
1 |
PG |
13 |
V |
Tembang macapat |
Disajikan satu tembang macapat,
siswa dapat menentukan guru wilangan/guru lagu pada baris tertentu. |
1 |
PG |
14 |
||
V |
Tembang Kinanthi |
Disajikan tembang Kinanthi, siswa
dapat menentukan letak baris atau gatra yang mempunyai guru lagu (i). |
1 |
PG |
15 |
||
V |
Tembang Pucung |
Disajikan tembang pucung, siswa
dapat menentukan batangane dari tembang tersebut. |
2 |
PG |
16 |
||
10 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks cerita pewayangan |
V |
Teks cerita pewayangan |
Disajikan penggalan cerita
pewayangan pandhawa, siswa dapat menentukan pesan moral dalam cerita
tersebut. |
2 |
PG |
17 |
11 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi pasangan aksara jawa sesuai dengan kaidah |
V |
Aksara Jawa |
Disajikan sebuah kalimat dalam
tulisan aksara jawa, siswa dapat menentukan tulisan latinnya. |
2 |
PG |
18 |
12 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa
daerah secara lisan atau tertulis |
VI |
Teks informasi |
Disajikan teks informasi dengan
tema lingkungan, siswa dapat menentukan judul (irah-irahan) dari teks
informasi yang tersedia. |
1 |
PG |
19 |
VI |
Teks informasi |
Disajikan dua teks informasi
dengan tema yang berbeda, siswa dapat menentukan perbedaan yang tepat pada
kedua teks informasi tersebut. |
3 |
PG KOMPLEK |
20 |
||
VI |
Teks informasi |
Siswa dapat menentukan kalimat
tanya dari jawaban yang tersedia berdasarkan teks informasi tersebut. |
1 |
PG |
21 |
||
VI |
Teks informasi |
Disajikan sebuah paragraf teks
informasi tentang lingkungan, siswa dapat menentukan kalimat utama pada
paragraf tersebut. |
1 |
PG |
22 |
||
13 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks tembang macapat sesuai dengan kaidah |
VI |
Tembang Macapat |
Disajikan sebuah tembang macapat,
siswa dapat menentukan watak tembang macapat tersebut dengan tepat. |
1 |
PG |
23 |
VI |
Tembang Macapat |
Disajikan tembang pocung, siswa
dapat menentukan sinonim yang tepat dari kata yang dicetak tebal dalam
tembang tersebut. |
1 |
PG |
24 |
||
VI |
Tembang Macapat |
Disajikan tembang sinom, siswa
dapat menentukan letak baris atau gatra yang mempunyai guru lagu yang di tentukan. |
4 |
PG |
25 |
||
14 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat ungkapan
tradisional (paribasan, bebasan) |
VI |
Paribasan |
Disajikan sebuah paribasan, siswa
dapat menentukan arti dari paribasan tersebut. |
1 |
PG |
26 |
VI |
Bebasan |
Disajikan penggalan cerita tentang
situasi/keadaan sesuatu, siswa dapat menentukan bebasan yang tepat untuk
menanggapi cerita tersebut. |
3 |
PG |
27 |
||
15 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat cangkriman |
VI |
Cangkriman |
Disajikan sebuah cangkriman, siswa
dapat menentukan arti (batangan) cangkriman tersebut. |
1 |
PG |
28 |
VI |
Cangkriman |
Siswa dapat menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi cangkriman. |
1 |
PG |
29 |
||
16 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks pidato, bercerita dan lainnya sesuai dengan kaidah |
VI |
Teks pidato |
Disajikan teks pidato, siswa dapat
menentukan isi dari teks pidato yang tersedia. |
4 |
PG KOMPLEK |
30 |
17 |
Mengenal dan memahami sandhangan
/pangkon aksara Jawa |
IV |
Aksara Jawa |
Disajikan sebuah kata, Siswa dapat
menuliskan aksara jawa menggunakan sandhangan yang tepat. |
2 |
Menjodohkan |
31 |
18 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi kata berimbuhan dalam teks sesuai kaidah |
IV |
Kata berimbuhan |
Disajikan kalimat rumpang, siswa
dapat menuliskan kata yang bersisipan pada kalimat tersebut. |
2 |
Menjodohkan |
32 |
19 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks cerita pewayangan |
V |
Teks cerita pewayangan |
Disajikan gambar tokoh pewayangan,
siswa dapat menuliskan nama tokoh tersebut. |
1 |
Menjodohkan |
33 |
20 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi pasangan aksara jawa sesuai dengan kaidah. |
V |
Aksara Jawa |
Siswa dapat menuliskan aksara
latin menjadi aksara jawa dengan kata yang menggunakan pasangan ma. |
2 |
Menjodohkan |
34 |
21 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi tembang macapat sesuai dengan kaidah |
V |
Tembang Macapat |
Disajikan tembang Pucung, siswa
dapat menuliskan batangan dari tembang Pucung tersebut. |
1 |
Menjodohkan |
35 |
22 |
Mengenal, memahami dan
mengidentifikasi teks tembang macapat sesuai dengan kaidah |
VI |
Tembang Macapat |
Disajikan tembang Pangkur, siswa
dapat menuliskan guru gatra yang tepat
dari tembang tersebut. |
1 |
Isian
Singkat |
36 |
23 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat ungkapan
tradisional (paribasan, bebasan) |
VI |
Paribasan |
Disajikan sebuah paribasan rumpang,
siswa dapat melengkapi dengan benar. |
1 |
Isian Singkat |
37 |
VI |
Bebasan |
Disajikan sebuah paragraf narasi, siswa dapat menuliskan bebasan yang sesuai
dengan paragraf yang tersedia. |
1 |
Isian Singkat |
38 |
||
24 |
Mengenal, memahami dan
mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat
cangkriman. |
VI |
Cangkriman |
Siswa dapat menentukan batangan
cangkriman dengan benar. |
1 |
Isian Singkat |
39 |
25 |
Mengenal, memahami,
mengidentifikasi teks puisi modern dalam bentuk lisan dan tulis |
IV |
Geguritan |
Siswa dapat menentukan arti kata
yang bercetak tebal pada geguritan tersebut. |
1 |
Isian Singkat |
40 |
26 |
Mengenal dan memahami usnsur
intrinsik teks cerita rakyat secara lisan dan tulis |
IV |
Teks cerita rakyat |
Disajikan penggalan cerita rakyat
atau dongeng daerah, siswa dapat
menuliskan tokoh, watak, dan latar dalam cerita tersebut. |
3 |
Uraian |
41 |
27 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks cerita pewayangan |
V |
Teks cerita pewayangan |
Disajikan teks cerita pewayangan,
siswa dapat menuliskan pesan moral dari teks cerita tersebut. |
3 |
Uraian |
42 |
28 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa
daerah secara lisan/ tertulis |
VI |
Teks informasi |
Disajikan teks informasi tentang
tokoh dan penemuannya, siswa dapat
menyimpulkan isi dari teks informasi tersebut. |
3 |
Uraian |
43 |
29 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat ungkapan
tradisional (paribasan, bebasan) |
VI |
Paribasan |
Disajikan ilustrasi cerita siswa
dapat menuliskan paribasan yang tepat
sesuai dengan ilustrasi beserta artinya. |
3 |
Uraian |
44 |
30 |
Mengenal, memahami, dan
mengidentifikasi teks pidato bercerita
dan lainnya sesuai kaidah |
VI |
Teks pidato |
Disajikan kutipan pidato, siswa
dapat menuliskan kalimat penutup pidato. |
3 |
Uraian |
45 |
KISI- KISI UJIAN PRAKTEK SEKOLAH
DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA
NO
|
KOMPETENSI DASAR |
KELAS |
INDIKATOR |
NO SOAL
|
1. |
4.1
Membaca ekspresif teks puisi modern |
IV |
Disajikan naskah geguritan, siswa
dapat membaca geguritan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai
dengan isi geguritan. |
1 |
2. |
4.3
Menceritakan kembali teks cerita rakyat
sesuai urutan yang benar |
IV |
Disajikan sebuah cerita rakyat
yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menuliskan kembali isi cerita dengan urutan yang benar. |
2 |
3. |
4.1
Membaca teks narasi atau deskripsi dengan teknik membaca |
V |
Disajikan satu paragraf teks
narasi atau deskripsi, siswa dapat membaca teks narasi atau deskripsi dengan
teknik membaca yang benar |
3 |
4. |
4.4
Melagukan tembang macapat |
V |
Disajikan teks tembang “Pucung”,
siswa dapat melagukan tembang “ Pucung “ dengan benar. |
4 |
5. |
4.7
Menceritakan kembali cerita wayang secara tulis atau lisan |
V |
Disajikan sebuah cerita wayang,
siswa dapat menceritakan kembali cerita wayang tersebut secara tertulis
dengan kalimatnya sendiri. |
5 |
6. |
4.1
Menyampaikan dan menanggapi informasi yang diperoleh dari berbagai media
berbahasa daerah secara lisan atau tertulis. |
VI |
Disajikan sebuah teks berita dari
media berbahasa Jawa, siswa dapat menceritakan kembali isi teks berita secara lisan dengan benar |
6 |
7. |
4.2
Menceritakan isi tembang macapat |
VI |
Disajikan sebuah teks tembang “Sinom”, siswa dapat menceritakan
isi tembang terebut dengan benar. |
7
|
8. |
4.1
Menyampaikan dan menanggapi informasi yang diperoleh dari berbagai media
berbahasa daerah secara lisan atau tertulis |
VI |
Disajikan cerita singkat tentang
informasi aktual, siswa dapat menuliskan kalimat tanggapan terhadap informasi
tersebut dalam 4(empat) kalimat . |
8 |
9. |
4.4
Bermain tebakan dengan cangkriman |
VI |
Disajikan 10 kartu cangkriman, siswa dapat
melakukan permainan 3 tebak - tebakan
dengan cangkriman secara berpasangan. |
9 |
10. |
4.5
Menulis dan memperagakan teks pidato, bercerita, dan lainnya sesuai kaidah. |
VI |
Siswa dapat menulis naskah pidato
berbahasa Jawa dengan tema “ Pengalaman pribadi” dan membacakannya di depan
kelas.
|
10 |
Download File Kisi-Kisi Ujian Tulis Mapel Bahasa Jawa Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek Bahasa Jawa Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis Bahasa Indonesia Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek Bahasa Indonesia Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis IPA Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek IPA Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis IPS Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek IPS Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis Matematika Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek Matematika Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis PPKn Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek PPKn Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Tulis SBdP Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek SBdP Di Sini
Kisi-Kisi Ujian Praktek PJOK Di Sini
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar