Selasa, 05 April 2022

CONTOH POS UJIAN SEKOLAH

  

KATA PENGANTAR

 

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 43 tahun 2019, Ujian yang diselenggarakan oleh SD Negeri Ngrancang I Kecamatan Tamabkrejo Kabupaten Bojonegoro. merupakan penilaian hasil belajar oleh SD Negeri Ngrancang I Kecamatan Tamabkrejo Kabupaten Bojonegoro yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Kepala Sekolah perlu menetapkan POS Ujian Sekolah yang memuat pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan Ujian Sekolah  menyangkut persyaratan peserta, persiapan bahan, pelaksanaan, pemeriksaan hasil, penentuan kelulusan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan Ujian Sekolah.

          Diharapkan setiap unsur terkait dengan penyelenggaraan Ujian Sekolah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya, sehingga Ujian Sekolah dapat berlangsung secara objektif, berkeadilan, dan akuntabel.

Dengan selalu berserah diri dan memohon petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa, Ujian Sekolah tahun 2021/2022 diharapkan dapat berlangsung sukses.Aamiin

 

Tambakrejo, 6 April 2022

Kepala Sekolah,

 

 

 

SUTARJO, S.Pd

NIP. 19640502 198504 1 009


PERATURAN

 

SEKOLAH DASAR NEGERI NGRANCANG I NOMOR: 422.1/ .... /412.201.2.665/2022

 

TENTANG

 

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

 

Menimbang      :  Bahwa  sesuai  dengan  Peraturan  Menteri  Pendidikan dan  Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional .

 

Mengingat           : 1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

                              2.   Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670);

iv

                              3.   Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5157);

                              4.   Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 124);

                              5.   Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 953);

                              6.   Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 897);

 

MEMUTUSKAN

 

Menetapkan     :  PERATURAN SD NEGERI NGRANCANG I TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

 

Pasal 1

 

(1)   Prosedur    Operasional    Standar    Penyelenggaraan   Ujian    Sekolah, yang selanjutnya disebut POS US, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

(2)   POS  US  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  tercantum  dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan SD Negeri Ngrancang I ini.

Pasal 2

 

(1)   Hal-hal lain yang belum diatur dan bersifat teknis dalam POS US ini akan ditetapkan oleh Team Pengembang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Negeri Ngrancang I dan disosialisasikan melalui surat edaran.

 

(2)   Perubahan terhadap POS US ini akan ditetapkan oleh Team Pengembang Kurikulum SD Negeri Ngrancang I dan disosialisasikan melalui surat edaran.

 

Pasal 3

 

Peraturan  Ujian Sekolah SD Negeri Ngrancang I  ini  mulai  berlaku  pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Tambakrejo

 

vi

pada tanggal  6 April 2022


BAB I

PENGERTIAN

 

 

 

Dalam Prosedur Operasional Standar ini yang dimaksud dengan:

1.    Team Pengembang Kurikulum    adalah    Team yang mengelola Pendidikan di SD Negeri Ngrancang I.

2.   SD Negeri Ngrancang I adalah Penyelenggara dan Penanggungjawab atas terlaksananya Ujian Sekolah.

3.   Ujian  Sekolah  yang  selanjutnya  disebut  US  adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

4.   Prosedur   Operasional   Standar   Penyelenggaraan   Ujian   Sekolah   yang selanjutnya disebut POS US adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan US.

5.   Kisi-kisi US adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal US  yang  disusun  berdasarkan  kriteria  pencapaian  Standar  Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

6.  Pendidikan  agama  adalah  pendidikan  yang  memberikan  pengetahuan   dan membentuk    sikap,    kepribadian,   dan     keterampilan  peserta  didik  dalam mengamalkan   ajaran   agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

7.   Pendidikan keagamaan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama dan mengamalkan ajaran agamanya.

8.   Paket naskah soal US adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi US.

9.   Lembar Jawaban Ujian Sekolah yang selanjutnya disebut LJUS adalah lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal US.

10. Bahan US adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan US yang mencakup naskah soal, LJUS, berita acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, dan pakta integritas.

11. Dokumen US adalah berkas hasil pelaksanaan US yang bersifat rahasia, terdiri atas naskah soal, jawaban peserta ujian, daftar hadir yang sudah diisi peserta, berita acara yang sudah diisi dan ditandatangani oleh pengawas ujian baik dalam bentuk hard copy maupun softcopy.

12. Musyawarah Kerja Team Pengembang Kurikulum, Dewan Guru selanjutnya disebut Musyawarah Kerja Sekolah.


BAB II

PESERTA US

 

A. Persyaratan Peserta US

 

SD Negeri Ngrancang I

a. Telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran Satuan Pendidikan;

b.  Memiliki nilai hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu).

 

B.  Hak dan Kewajiban Peserta US Hak Peserta US

a.  Setiap  peserta  didik  yang  telah  memenuhi  persyaratan  berhak mengikuti US.

b.  Peserta US yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti US utama dapat mengikuti US susulan.

 

Kewajiban Peserta US

a.  Peserta US wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

b.  Peserta US wajib mematuhi tata tertib peserta US.


BAB III

PENYELENGGARAAN DAN PELAKSANA US

 

 

 

 

A. SD Negeri Ngrancang I

 

Tugas dan kewenangan SD Negeri Ngrancang I dalam penyelenggaraan US sebagai berikut.

1.  Menetapkan kisi-kisi US.

2.  Menyusun dan menetapkan POS US.

3. Melakukan sosialisasi dan publikasi US bersama Dewan Kerja Sekolah.

 

B.  Team Pengembang Kurikulum

 

Tugas dan kewenangan Team Pengembang Kurikulum dalam pelaksanaan US sebagai berikut.

1.   Melakukan sosialisasi pelaksanaan US peserta dan Wali murid.

2.   Melakukan koordinasi dengan Sekolah Penyelenggara US.

3.   Menyusun kisi-kisi US teori.

4.   Menyusun dan mengusulkan kisi-kisi US kepada Kepala Sekolah.

5.   Menyusun kisi-kisi US praktik untuk mata pelajaran tertentu.

6.   Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan US.

7.  Mengumpulkan  dan  menganalisis  data  hasil  US  dari  sekolah  secara sampling.

8.  Menerima  hasil  US  melalui  Dapodik.

9.  Memanfaatkan   hasil   US   untuk   pembinaan   dan   peningkatan   mutu pendidikan.

 

C.  Dinas Pendidikan Kabupaten

 

1.  Menerbitkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dan mendistribusikan ke satuan Pendidikan

2.   Melakukan  pemantauan  dan  evaluasi  penyelenggaraan  US,  dengan melibatkan pengawas.

 

D.   Satuan Pendidikan

Tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam pelaksanaan US sebagai berikut.

1.   Membentuk panitia pelaksana US.

2.   Berkoordinasi dengan Team Pengembang Kurikulum Sekolah dalam pelaksanaan sosialisasi US.

3.   Menerima kisi-kisi indikator soal dari Team Pengembang Kurikulum.

4.   Mengoordinasi penyusunan dan perakitan soal US.

5.   Mengatur ruang US.

6.   Menetapkan pengawas ruang US.

7.   Menentukan kriteria kelulusan peserta US.

8.   Mengamankan master soal beserta kelengkapannya.

9.   Mencetak kartu peserta US.

10. Menggandakan naskah soal  US berikut kelengkapannya  sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

11. Menyiapkan sarana pendukung US.

12. Melaksanakan US sesuai POS US.

13. Melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta US.

14. Menerbitkan, menandatangani, dan membagikan hasil US kepada peserta US.

15.     Nenetapkan   hasil   US   sert menyampaikan   laporan pelaksanaan ke Kementerian melalui  Dapodik.


BAB IV

BAHAN US

 

A. Kisi-Kisi US

 

1.  Kisi-kisi US ditetapkan oleh Team Pengembang Kurikulum.

2.  Penyusunan kisi-kisi US berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

3.  Kisi-kisi US memuat level kognitif dan lingkup materi.

4.  Kisi-kisi US disusun berdasarkan Kurikulum 2013.

5.  Kisi-kisi US disusun oleh Team Pengembang Kurikulum.

 

B.  Naskah US

 

1.   Soal US disusun mengacu pada kisi-kisi US.

2.   Bentuk soal US terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian.

3.   Sebanyak  100%  butir  soal  US  disiapkan  oleh  Team Pengembang Kurikulum Satuan Pendidikan.

4.  Master soal digandakan dengan menggunakan sumber dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) rincian terlampir.

 

C.  Mekanisme Penyusunan Soal US

1.   Team menyusun naskah soal berdasarkan indikator yang sudah disetujui oleh Kepala Satuan Pendidikan

2.   Team menyusun master soal US sesuai dengan ketentuan penyusunan soal.

3.   Team merakit soal berikut kelengkapannya berupa format lembar jawaban, pedoman penskoran untuk soal uraian, dan kunci jawaban untuk pilihan ganda.

4.  Team menyusun soal US minimal 2 (dua) paket soal terdiri atas 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan.

5.  Setiap personel yang menyiapkan, menyusun, menggandakan, mengemas, mendistribusikan, dan menerima naskah soal US, harus menandatangani pakta integritas, serta bertanggung jawab terhadap kerahasiaan naskah soal US.

 


BAB V

PELAKSANAAN US

 

A.  Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu

 

1.   Mata  pelajaran  yang  diujikan  dalam  US  meliputi  9 (sembilan) mata pelajaran yakni : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa  Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Prakarya, PJOK, Bahasa Jawa.

2.   Daftar  mata  pelajaran,  bentuk  soal,  jumlah  butir  soal,  dan  alokasi  waktu untuk masing-masing mata pelajaran yang diujikan diatur sebagai berikut.

 

 

 

 

No.

 

 

 

Mata Pelajaran

Bentuk dan

Jumlah

Butir Soal

 

Alokasi Waktu (menit)

PG

Isian

Uraian

1

Pendidikan Agama Islam

30

10

5

90

2

Pendidikan Kewarganegaraan

30

10

5

90

3

Bahasa Indonesia

30

10

5

120

4

Matematika

20

10

5

120

5

Ilmu Pengetahuan Alam

30

10

5

120

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

30

10

5

90

7

Seni Budaya dan Prakarya

30

10

5

90

8

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

30

10

5

90

9

Bahasa Jawa

30

10

5

90

 

 

3.   Untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, dan tunalaras) waktu US dapat ditambah 45 menit.


C.  Penggandaan Naskah Soal US

 

Penggandaan naskah soal US dilakukan oleh Sekolah Penyelenggara.

 

D. Jadwal US

 

Jadwal US utama ditentukan sebagai berikut.

 

No

Hari, Tanggal

Waktu

Mata Pelajaran

1

Senin, 18 April 2022

08.00 – 10.00

Bahasa Indonesia

 

 

10.30 – 12.00

SBK/SBDP

2

Selasa, 19 April 2022

08.00 – 10.00

Matematika

 

 

10.30 – 12.00

PJOK

3

Rabu, 20 April 2022

08.00 – 10.00

I P A

 

 

10.30 – 12.00

Bahasa Jawa

4

Kamis, 21 April 2022

08.00 – 09.30

P A I

 

 

10.00 – 11.30

I P S

5

Jum’at, 22 April 2022

08.00 – 09.30

PPKn

 

Jadwal Us Susulan

 

No

Hari, Tanggal

Waktu

Mata Pelajaran

1

Senin, 25 April 2022

08.00 – 10.00

Bahasa Indonesia

 

 

10.30 – 12.00

SBK/SBDP

2

Selasa, 26 April 2022

08.00 – 10.00

Matematika

 

 

10.30 – 12.00

PJOK

3

Rabu, 27 April 2022

08.00 – 10.00

I P A

 

 

10.30 – 12.00

Bahasa Jawa

4

Kamis, 28 April 2022

08.00 – 09.30

P A I

 

 

10.00 – 11.30

I P S

5

Jum’at, 29 April 2022

08.00 – 09.30

PPKn

 

 

E.  Moda Pelaksanaan US

US dilakukan dengan moda ujian berbasis kertas

 

F.  Pengaturan  Ruang/Tempat,  Pengawas,  Tata  Tertib  Pengawas  dan  Peserta US

 

Ketentuan tentang ruang/tempat US, pengawas, tata tertib pengawas dan tata tertib peserta US diatur pada BAB VI.

 

G. Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil US

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil US diatur pada BAB VII.



BAB VI

PENGATURAN RUANG, PENGAWAS, DAN TATA TERTIB

 

A. Pengaturan Ruang/Tempat US

 

Panitia US menetapkan ruang US dengan persyaratan sebagai berikut.

1.   Ruang yang digunakan aman dan layak untuk pelaksanaan ujian;

2.   Pembagian ruangan diatur sebagai berikut.

a.   Jumlah peserta dibagi 20;

b.   Setiap 20 peserta menempati 1 (satu) ruangan; dan

c.     Jika  sisa  pembagian  jumlah  peserta  adalah  1  (satu)  sampai  dengan  4 (empat) orang, maka dua ruangan terakhir diisi dengan 10 peserta dan sisanya.

3.   Setiap ruang US diawasi oleh dua orang pengawas ruang;

4.   Setiap meja dalam ruang ujian diberi nomor peserta US;

5.   Setiap ruang US ditempel pengumuman yang bertuliskan:

DILARANG MASUK SELAIN PESERTA UJIAN DAN PENGAWAS, SERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA ALAT KOMUNIKASI”

6.   Setiap ruang US disediakan denah tempat duduk peserta US disertai foto peserta yang ditempel di pintu masuk ruang ujian;

7.   Gambar atau alat peraga yang berkaitan dengan materi US dikeluarkan dari ruang US;

8.   Tempat duduk peserta US diatur sebagai berikut.

a.   Satu bangku untuk satu orang peserta US.

b.   Jarak  antara  meja  yang  satu  dengan  meja yang  lain  disusun  dengan mempertimbangkan jarak antara peserta yang satu dengan peserta yang lain sekurang-kurangnya setengah meter.

c.    Penempatan peserta US sesuai dengan nomor peserta.


9.   Denah ruang US

 


PAPAN TULIS

    PENGAWAS I                                                                                                    PENGAWAS II























 

001

 

002

 

003

 

004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

008

 

007

 

006

 

005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

009

 

010

 

011

 

012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

016

 

015

 

014

 

013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

017

 

018

 

019

 

020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PAPAN TULIS

PENGAWAS II

 

 B.  Pengawas US

 

1.  Kepala  sekolah bertanggun jawab  mutlak  atas  pelaksanaan US di sekolah yang menjadi kewenangannya.

2.  Pengawas US ditetapkan oleh kepala sekolah.

3.  Setiap ruang US diawasi oleh dua orang pengawas.

4.  Pengawas US adalah guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan.

5.  Pengawas US adalah guru yang disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan.

6.  Pengawas ruang ditetapkan dengan sistem silang antar satuan pendidikan pada jenjang yang sama, dalam satu Gugus Sekolah. Dalam hal pengawasan dengan sistem silang tidak dapat dilaksanakan, pengawas ruang dilakukan oleh guru yang mata pelajarannya sedang tidak diujikan atau Pengawas Cadangan yang ada di sekolah Penyelenggara.

7.  Penetapan   pengawasan   silan memperhatikan   kondis geografis masing-masing Gugus.

 

C. Tata Tertib Pengawas US

1.  Ruang pengawas US

a.  Dua puluh lima (25) menit sebelum ujian dimulai pengawas ruang telah hadir di ruang pengawas US.

bPengawas   ruan menerim penjelasan   dan   pengarahan   dar ketua penyelenggara US.

cPengawas ruang menerima bahan US untuk ruang yang akan diawasi, berupa naskah soal US, LJUS, amplop LJUS, daftar hadir, dan berita acara pelaksanaan US, serta lem.

d.   Pengawas ruang mendatangani Pakta Integritas

2. Ruang US

a.   Pengawas  ruang  dilarang  membawa  alat  komunikasi/elektronik  ke dalam ruang US.

bPengawas masuk ke dalam ruang US lima belas (15) menit sebelum waktu pelaksanaan ujian untuk:

1) memeriksa kesiapan ruang ujian, meminta peserta untuk memasuki ruang  ujian  dengan  menunjukkan  kartu  peserta,  dan  menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan;

2) memastikan setiap peserta tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam  ruang kecuali alat tulis yang akan digunakan;

3) membacakan tata tertib;

4) meminta peserta US menandatangani daftar hadir;

5) membagikan LJUS kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian  identitas  peserta  (nomor  ujian,  nama,  tanggal  lahir,  dan tanda tangan);

6) memastikan peserta telah mengisi identitas dengan benar;

7) setelah  seluruh  peserta  selesai  mengisi  identitas,  pengawas  ruang membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta ujian; dan

8) membagikan naskah soal dengan cara meletakkan di atas meja peserta dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta ujian tidak diperkenankan menyentuhnya sampai tanda waktu dimulai.

c.    Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas ruang:

1) mempersilakan peserta untuk mengecek kelengkapan soal;

2) mempersilakan peserta untuk mulai mengerjakan soal; dan

3) mengingatkan peserta agar  terlebih dahulu membaca  petunjuk  cara menjawab soal.

d.   Kelebihan  naskah  soal  selama  US  berlangsung  tetap  disimpan  di ruang ujian dan pengawas ruang tidak diperbolehkan membacanya.

e.    Selama US berlangsung, pengawas ruang wajib:

1) menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US;

2) memberi  peringatan  dan  sanksi  kepada  peserta  yang  melakukan kecurangan; dan

3) melarang orang lain memasuki ruang US.

f.    Pengawas  ruang   dilarang   memberi   isyarat,   petunjuk,   dan   bantuan apapun   kepada   peserta   berkaitan   dengan   jawaban   dar soal   yang diujikan.

g.   Lima  menit  sebelum  waktu  ujian  selesai,  pengawas  ruang  memberi peringatan kepada peserta US bahwa waktu tinggal lima menit.

h.   Setelah waktu US selesai, pengawas ruang:

1) mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal;

2) mempersilakan peserta meletakkan naskah soal dan LJUS di atas meja dengan rapi;

3) mengumpulkan LJUS dan naskah soal;

4) menghitung jumlah LJUS sama dengan jumlah peserta;

5) mempersilakan peserta meninggalkan ruang ujian; dan

6) menyusun  secara  urut  LJUS  dari  nomor  peserta  terkecil  dan memasukkannya  ke  dalam  amplop  LJUS  disertai  dengan  dua lembar daftar hadir peserta, dua lembar berita acara pelaksanaan, kemudian  ditutup  dan  dilem  serta  ditandatangani  oleh  pengawas ruang US di dalam ruang ujian.

i.    Pengawas Ruang US menyerahkan LJUS dan naskah soal US kepada Panitia US disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan US; dan

j.    Pengawas  yang  melanggar  tata  tertib  diberi  teguran,  peringatan  oleh kepala sekolah dan/atau sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku

E.  Tata Tertib Peserta US

1.  Peserta US memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni lima belas (15) menit sebelum US dimulai.

2.  Peserta US yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti US setelah mendapat izin dari ketua panitia US tanpa diberi perpanjangan waktu.

3.  Peserta US dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator.

4.  Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas ruang.

5.  Peserta US membawa alat tulis dan kartu peserta ujian.

6.  Peserta US mengisi daftar hadir menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruang.

7.  Peserta US mengisi identitas pada LJUS secara lengkap dan benar.

8.  Peserta  US yang  memerlukan  penjelasan cara  pengisian identitas pada LJUS dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.

9.  Peserta US mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.

10.          Selam US   berlangsung,   pesert US   hany dapa meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang.

11.          Pesert US   yang   memperoleh   naskah   soal   yang   cacat   atau   rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.

12.          Peserta US yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesai menempuh/mengikuti US mata pelajaran yang terkait.

13.          Peserta  US  yang  telah  selesai  mengerjakan  soal  sebelum  waktu  US berakhir  tidak  diperbolehkan  meninggalkan  ruangan sebelum berakhirnya waktu ujian.

14.          Peserta US berhenti mengerjakan soal setelah ada waktu ujian berakhir dan meletakkan lembar jawaban serta naskah soal di atas meja masing- masing.

15.          Selama US berlangsung, peserta dilarang:

a.  menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;

b.  bekerja sama dengan peserta lain;

c.   memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;

d.  memperlihatkan   pekerjaan   sendir kepada   pesert lain   atau   melihat pekerjaan peserta lain;

e.  membawa naskah soal US dan LJUS keluar dari ruang ujian; dan

f.    menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

16.          Meninggalkan ruang US dengan tertib dan tenang setelah pengawas ruang ujian  mengumpulkan  dan  menghitung  lembar  jawaban  dan  naskah  soal sesuai dengan jumlah peserta US.

17.          Peserta US yang melanggar tata tertib ujian, diberi peringatan/teguran oleh pengawas ruang US dan dicatat dalam berita acara US sebagai salah satu bahan pertimbangan kelulusan.


BAB VII

PEMERIKSAAN DAN PENGOLAHAN HASIL US

 

 

 

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil US diatur sebagai berikut.

 

A. Soal Bentuk Pilihan Ganda

Soal   US   bentuk   pilihan   gand dapat   diperiksa   secar manual   atau menggunakan alat pemindai.

 

 

B.  Soal Bentuk Isian dan Uraian

1.  Soal bentuk isian dan uraian diperiksa secara manual oleh dua orang guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.

2.  Jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimumpimpinan satuan pendidikan menugaskan pemeriksa ketiga.

3.  Nilai akhir soal isian dan uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa.

 

 

C.  Pengolahan Hasil US

1.  Nilai  US  merupakan  gabungan  nilai  soal  pilihan  ganda  dan  nilai  soal uraian, dengan rentang nilai 0 - 100.

2.  Sekolah  menentukan  pembobotan  nilai  pilihan  ganda  dan  uraian  dengan perbandingan yang proporsional.

 


BAB VIII

KRITERIA PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN BERDASARKAN HASIL US

 

 

A. Kriteria Kelulusan

 

Kriteria kelulusan dari satuan pendidikan minimal mempertimbangkan hal-hal berikut.

1.   Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

2.   Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik;

3.   Mengikuti Ujian Sekolah; dan

4.   Lulus US sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

 

B.  Penetapan Kelulusan

 

Kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditetapkan melalui rapat dewan guru.

 

C.  Pengumuman Kelulusan Satuan Pendidikan

Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan pada tanggal 15  Juni 2022 (menunggu info dari Dinas Pendidikan Kabupaten).

 

 

D. Tanda Lulus US Sekolah

 

1.   Tanda lulus US bagi siswa diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.   SHUS paling sedikit berisi:

a.   Biodata siswa; dan

b.   Nilai US untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.

3.   SHUS diterbitkan oleh satun pendidikan penyelenggara US


BAB IX

PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN

 

 

1.  Pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan US dilakukan oleh kementerian lewat dapodik, dinas pendidikan Kabupaten, dan Pengawas Wilayah sesuai tugas dan kewenangannya.

2.     Laporan hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan US dimanfaatkan untuk pemetaan mutu pendidikan di tingkat nasional, serta bahan pembinaan dan pemberian bantuan kepada sekolah.

3.     Satuan   pendidikan   menyusun   laporan   penyelenggaraan   US   dan mengirimkannya kepada dinas pendidikan kabupaten dan Koordinator Pengawas Wilayah Kecamatan.


BAB X

BIAYA PELAKSANAAN US

 

 

1.      Biaya penyelenggaraan dan pelaksanaan US bersumber dari anggaran Satuan Pendidikan yakni Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2.      Biaya pelaksanaan US di satuan pendidikan mencakup komponen-komponen sebagai berikut.

a. Persiapan:

1)   Koordinasi persiapan pelaksanaan US;

2)   Pengisian   data   calon   pesert US   dan   pengirimanny k Dinas Pendidikan;

3)   Pengadaan kartu peserta US;

4)   Pelaksanaan sosialisasi US;

5)   Koordinasi penyusunan soal US;

6)   Pengadaan bahan pendukung US;

7)   Penggandaan naskah soal; dan

8)   Honorarium Panitia US sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

b. Pelaksanaan:

1)   Pengawasan pelaksanaan US;

2)   Pemeriksaan hasil US;

3)   Pengolahan dan pengiriman nilai US ke Dinas Pendidikan Kabupaten;

4)   Pengambilan, pengisian, dan penerbitan ijazah; dan

5)   Penyusuna laporan   US   dan   pengiriman   laporan   kedalam Aplikasi Dapodik.

 


BAB XI

KEJADIAN LUAR BIASA

 

 

 

1. Jika terjadi peristiwa luar biasa yang berpotensi gagalnya pelaksanaan US, panitia penyelenggara satuan pendidikan melaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten untuk  dinyatakan sebagai  kondisi darurat atau krisis.

2. Peristiwa  luar  biasa  yang  dimaksud  pada  butir  nomor  1  di  atas  meliputi kebakaran, bencana alam, huru-hara, dan peristiwa lain di luar kendali penyelenggara US.

3. Peserta  US  yang  mendapat  tugas  dari  pemerintah,  pemerintah  daerah kabupaten yang tidak dapat ditinggalkan termasuk dalam kondisi luar biasa individual.

4. Dalam  hal  kejadian  luar  biasa,  sekolah  dapat  menyelenggarakan US   atau peserta didik dapat mengikuti US sesuai dengan jadwal yang ditetapkan kemudian oleh sekolah dengan persetujuan Dinas Pendidikan  Kabupaten sesuai kewenangannya.

Ketua Panitia Penyelenggara

Ujian Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

SUTARJO, S.Pd

NIP. 19640502 198504 1 009

 

 

Ditetapkan di Tambakrejo

 

pada tanggal 6 April 2022


 Selengkapnya Download file di POS US

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar